Followers

SASARAN UTAMA RADIO SIARAN

Diposting oleh Pernak Pernik Radio Siaran 13/09/09

A. Sasaran Pendengar
Pada umumnya, baik radio siaran swasta maupun pemerintah, bisa dibilang memiliki konsep pengembangan yang hampir sama, karena pada dasarnya prinsip pengendalian operasional semua radio siaran ditunjang oleh perangkat serta sistem yang sama. Sasarannyapun sama, yaitu sama-sama berusaha meraih jumlah pendengar sebanyak-banyaknya dengan tujuan agar menjadi radio yang diakui dan dimiliki oleh masyarakat luas.

B. Sasaran Finansial
Apabila sebuah radio siaran sudah mampu mencapai target audiens dengan tepat dan benar, maka sejumlah biro periklanan (advertising agency) akan mempercayainya sebagai media yang efektif dalam menyampaikan pesan promosi sejumlah produk. Dan apabila radio siaran sudah mampu menjadikan dirinya mitra usaha sejumlah agen periklanan, berarti radio siaran tersebut sudah memperoleh sumber finansial sebagai kendali utama gerak laju operasionalnya. Bahkan dapat dipastikan bahwa sumber finansialnya itu sangat mungkin akan dapat diproyeksikan untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Sedangkan sasaran yang paling ideal adalah radio siaran tersebut menjadi ukuran yang jelas atas keberhasilan sebuah produk, baik dalam promosi maupun dalam meningkatkan penjualan.

Ukuran keberhasilan radio siaran ditentukan oleh rating perolehan pendengar sejumlah acara yang disajikan oleh radio siaran tersebut.

0 komentar

Posting Komentar