Followers

Musik, Soundtrack dan Struktur Musik

Diposting oleh Pernak Pernik Radio Siaran 12/09/09

Untuk radio siaran, musik dan soundtrack memiliki peranan yang cukup besar, terutama dalam membentuk station identity (identitas radio) agar posisi radio tersebut tampak lebih jelas. Sebuah radio siaran akan kelihatan bentuknya dengan jelas melalui musik yang dikonsumsikan kepada masyarakat pendengarnya. Sedang pengendalian sepenuhnya berada dalam tanggung jawab penyiar dan operator.

a. Musik
Musik adalah bunyi-bunyian berirama yang merupakan hasil dari perpaduan sejumlah alat yang dimainkan untuk menghasilkan nada. Dua jenis musik yang dikenal masyarakat, terdiri dari musik yang dibarengi syair/lirik disebut lagu dan musik tanpa syair/lirik disebut instrumental.

b. Soundtrack
Sedangkan yang dimaksud dengan Soundtrack adalah musik yang diperlukan untuk membentuk imajinasi dengan tujuan memberi ciri (identitas) terhadap suatu produk seni audio atau audio visual.

Soundtrack terdiri dari :
1. Theme’s song
2. Jingle
3. Backsound
4. Sound-effect

Untuk Radio Siaran, musik dan soundtrack memiliki peranan yang cukup besar, terutama dalam membentuk station identitiy agar posisi radio tersebut tampak lebih jelas. Sebuah radio siaran akan kelihatan bentuknya dengan jelas melalui musik yang dikonsumsikan kepada masyarakat pendengarnya. Sedang pengendalian sepenuhnya berada dalam tanggung jawab penyiar dan operator.

c. Struktur Musik
Penyiar ataupun operator yang tidak memiliki pengetahuan tentang struktur musik akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan musik serta materi siaran lainnya. Dan seorang penyiar atau operator akan kelihatan profesional apabila mereka dapat menyuguhkan musik dengan tepat dan benar. Penguasaan “Technique of Cue”, yaitu teknik bicara sebelum atau sesudah lagu, tentunya menjadi salah satu bagian yang dikuasai oleh penyiar atau operator andal. Penyiar mahir tentunya mengentahui dengan tepat saat dimana dia harus bicara. Kunci pokok berbicara ada pada dua bagian, yaitu yang disebut dengan Afterword serta Foreword.

Yang dimaksud dengan struktur musik adalah sebagai berikut :
• Intro
• Couplet 1
• Couplet 2
• Refrain
• Interlude/Melody
• Refrain
• Couplet 3
• Coda

0 komentar

Posting Komentar