Followers

POSITIONING RADIO SIARAN

Diposting oleh Pernak Pernik Radio Siaran 12/09/09

Pengelolaan radio siaran tidak semudah rencana yang tertuang diatas kertas. Sebuah radio siaran akan sampai kepada sasaran utamanya, apabila posisinya sudah terlihat dengan tepat dan jelas. Dengan kata lain, radio siaran tersebut haruslah berada pada posisi yang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Tidak sedikit pula radio siaran yang berlaku latah mengikuti sukses radio siaran lain akibat tidak memperhatikan posisinya. Ada pula radio siaran yang terkesan tidak betah dengan format akibat kesulitan didalam menentukan posisi yang sesuai dengan rencana dan tujuan serta kemampuannya.

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan posisi radio siaran dengan jelas, yaitu :
1. Segmentasi Pendengar
Tujuannya adalah untuk menentukan sasaran pendengar potensial yang mungkin dapat diraih, didasarkan kepada :
1.1. Kultur
1.2. Strata Usia
1.3. Latar Pendidikan
1.4. Jenis Kelamin
1.5. Status Ekonomi Sosial
1.6. Selera dan Gaya Hidup
1.7. Kelompok Masyarakat Tertentu atau Profesi.
2. Station Identity

Tujuannya adalah untuk memberikan ciri khusus dan membedakan radio siaran tesebut dengan yang lain, diamping untuk memperjelas sosok pada radio siaran itu sendiri.
Station Identity yang muncul akibat format siaran yang baik dapat memberikan kesan baik berupa citra positif radio siaran (Station Image), sehingga tidak mustahil akan memberikan kepercayaan kepada semua pihak yang membutuhkan jasa dari radio siaran tersebut.

Perangkat yang dibutuhkan untuk membentuk Station Identity diantaranya adalah :
2.1. Soundtrack (seperti Jingle Radio, Theme Song, Station Call, Tune Program dan sejenisnya) yang terdengar sangat khas.
2.2. Bahasa Siaran (standar kata dan istilah-istilahnya unik serta menarik).
2.3. Musik (sesuai dengan selera segmen pendengar yang dituju).
2.4. Penyiar (bergaya khas, akrab dan terampil).
2.5. Acara (menarik dan diminati).
2.6. Off Air Activity (dapat mengundang animo pendengar).
2.7. Slogan/Motto (trendy dan disukai).
2.8. Logo/Artwork (dikenal dan memasyarakat).
2.9. Iklan (yang diputar konsisten).
2.10. Perilaku Air Personality (seluruh awak siar yang terlibat dalam kegiatan radio siaran disukai dan terpuji).

0 komentar

Posting Komentar